SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS
Asus Zenfone Max Ganti Lcd An Ibu Lusi Pontianak

Asus Zenfone Max Ganti Lcd An Ibu Lusi Pontianak

 

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Asus Zenfone Max Pro M1

Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 5000 mAh. Mungkin akan membutuhkan waktu yang lama hingga baterainya harus diganti. Tapi mengganti baterai tentu bukan hanya karena kapasitas baterai yang sudah berkurang dan sudah tidak tahan lama. Bisa jadi karena masalah baterai lainnya.

Dalam artikel ini Elppas akan membahas cara membuka casing belakang dan juga panduan mengganti baterai Zenfone Max Pro M1. Buat sekedar pengetahuan ingin melihat jeroan ponsel ini atau mau langsung praktek juga silahkan.

Alat-alat yang diperlukan untuk membongkar Asus Zenfone Max Pro M1

Berikut tools kit yang perlu Anda sediakan untuk disassembly ponsel ini:

  • SIM card tray ejector, biasanya disediakan di paket penjualan
  • Opening pick/prying tool atau kuku jika terpaksa
  • Spudger
  • Obeng phillips #00 (plus 1.5mm)

Kalau belum punya obeng dan opening tools, bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Kalau sudah ada, langsung saja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Asus Zenfone Max Pro M1

Seperti biasa hal paling awal untuk dilakukan adalah mematikan ponsel (turn off) dan melepaskan SIM card tray-nya..

Setelah itu, untuk membongkar smartphone ini bisa dimulai dari casing belakang. Caranya tinggal di congkel saja di bagian pinggirnya, bisa menggunakan opening pick atau prying tool yang lebar seperti pada gambar..

Geser ke seluruh bagian agar pengait casing belakang terlepas dari body nya dan Anda bisa memisahkannya..

Selesai membuka backcover Zen Max Pro M1. Ternyata cukup mudah melepaskan back-case ponsel ini.

Jika ingin mengganti baterai, silahkan lanjutkan ke panduan berikutnya..

Langkah 2: Mengganti Baterai Asus Zenfone Max Pro M1

Baterai sudah terlihat setelah buka casing, namun tentunya belum bisa langsung dibuka karena konektor baterai tertutup oleh plat plastik atau mid-frame. Untuk membuka mid-frame tersebut  harus melepaskan beberapa skrup. Anda bisa melepaskannya dengan menggunakan obeng plus ukuran 1.5mm..

Perhatian: Membuka mid-frame bisa mengakibatkan garansi void karena ada sebuah sekrup yang tertutup label/tanda garansi. Tapi biasanya kalau mau ganti baterai sudah tidak ada garansi lagi, karena baterai biasanya baru kembung, drop dan harus diganti setelah pemakaian lebih dari satu tahun.

Setelah semua baut di lepas, hati-hati karena ada fingerprint sensor yang harus Anda lepas dulu konektornya..

Congkel konektor sensor sidik jari dengan menggunakan spudger atau alat sejenisnya, atau pakai kuku juga bisa. Flexible fingerprint juga merekat sebagian ke plat besi dibawahnya, hati-hati mencabutnya, gunakan juga spudger untuk merobek lem-nya.

Setelah fingerprint sensor dilepas, maka mid-frame bisa Anda lepas dengan leluasa. Lalu congkel dan lepaskan juga konektor baterai dengan menggunakan spudger..

Baterai tidak bisa langsung dilepas begitu saja, karena baterai asli bawaan biasanya menempel dengan lem ke bagian body. Untuk melepas lem, seperti biasa ada sebuah pull-tab plastik berwarna merah transparan yang bisa ditarik di bagian ujungnya.

Untuk menarik pull-tab tersebut agar lurus dan tidak patah di tengah sebaiknya Anda membuka dulu modul mic dan speaker.. (optional saja, jika Anda bisa melepas lem tanpa membuka modul ini juga silahkan lewatkan langkah ini).

Setelah modul mic dan speaker dibuka, Anda bisa lebih leluasa menarik pull-tab lem baterai. Tarik secara lurus dan datar jangan sampai putus ditengah jalan karena akan menyulitkan membuka baterai..

Setelah itu, baterai bisa dicongkel dengan menggunakan spudger atau kartu plastik karena di sebelah kiri baterai masih ada sedikit lem..

Baterai terlepas dan silahkan ganti dengan yang baru. Selanjutnya, saya kira tidak akan susah untuk memasang kembali semua part.

Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply