SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS

Versi Android

Versi Android

Versi Android

Versi Android

Siapa yang tak mengenal android, rasanya tidak ada. Mulai dari anak-anak di sekolah dasar hingga orang dewasa, segala kalangan mengenal apa itu android. Sejarah android dimulai ketika sistem operasi yang digunakan dalam smartphone ini diperkenalkan hingga menjadi sangat populer dewasa ini, tidak hanya segmentasi penggunanya saja yang bervariatif, namun dari segi pemakaiannya juga sangat bervariatif mulai hanya sekedar untuk bermain game sampai dengan perangkat penunjang perniagaan dari kecil sekali sampai bisnis kelas atas.

Pertama kali diperkenalkan oleh beberapa ahli IT pada periode 2003, kemudian pada periode tahun 2005 Google mengakuisisi sistem operasi yang dinilai sebagai OS terbaik di dunia hingga saat ini, keyakinan tersebut sangatlah tak berlebihan karena hingga saat ini hampir semua gadget seperti tablet dan smartphone sekarang menggunakan sistem operasi berbasis android. Google yang sekarang merajai dunia smartphone menjadi yang terdepan dalam pengembangan-pengembangan sistem operasi android. Sejak pertama dikembangkan android telah berkembang dan mengalami pemutakhiran beberapa kali hingga saat ini versi android sangat banyak sekali, di antaranya adalah cupcake, donut, eclair, froyo, gingerbread, honeycomb, ice cream sandwich, jelly bean, kitkat, lollipop, dan marshmallow. Dalam ulasan mengenai penjelasan perbedaan macam-macam versi android kali ini akan dijelaskan beberapa versi sistem operasional berbasis android yang tersemat dalam smartphone atau pun gadget lainnya.

Dalam ulasan mengenai penjelasan perbedaan macam-macam versi android, yang pertama adalah cupcake (1.5) yang dirilis Mei 2009. Dalam versi ini adalah pertama kalinya Google menjadikan nama makanan sebagai nama OS android. Sebagai versi yang sudah lawas, perlu diketahui bahwa versi ini adalah pengembangan dari versi 1.1, perubahan dalam versi ini dinilai cukup banyak, di antaranya adalah pengunggah video ke youtube, aplikasi headset nirkabel, tampilan keyboard di layar, serta tampilan gambar-gambar bergerak yang atraktif, dalam versi ini mulai diperkenalkan widget yang dapat dibesar dan kecilkan ukurannya.

sselanjutnya adalah versi donut (1.6), versi ini dirilis 4 bulan setelah cupcake dilempar ke pasaran. Tentunya versi pembaru dari versi sebelumnya ini memiliki banyak perkembangan di antaranya adalah pada bagian fitur pencariannya yang llebih bersahabat, selain itu juga sudah mendukung untuk jaringan EVDO/ CDMA. Versi ini juga sudah bisa menayangkan indikator baterai pada layar. Ditambah lagi di versi ini kita juga sudah bisa menentukan file-file yang ingin dihapus, zoom in dan zoom out di setiap tampilan gambar juga mulai bisa digunakan.

Selanjutnya versi eclair (2.0). versi ini diluncurkan 3 bulan setelah cupcake. Pengembangan versi eclair ini merupakan penanda dobrakan platform android di pasar iptek, dan membuat banyak perusahaan smartphone yang tertarik menggunakan produk besutan dari Google ini. Dalam versi ini terdapat perkembangan yang tak kalah baiknya dengan versi sebelumnya, di antaranya pengoptimalan google maps, perubahan browser dengan bantuan HTML, daftar kontak, flash untuk kamera 3,2 MP, tak ketinggalan digital zoom, dan blutooth 2.1. versi ini juga menyediakan update di antaranya versi 2.0, 2.0.2, dan 2.1.

Selanjutnya versi froyo (2.2). versi ini dirilis 5 bulan setelah versi eclair merajai pasar, tepatnya 20 Mei 2010. OS ini pertama kali diaplikasikan pada google nexud one. OS versi ini memiliki beberapa update yang tak kalah menarik dibandingkan versi sebelumnya, di antaranya adalah pembenahan aplikasi serta tampilannya, penambahan kapasitas micro SD juga sudah dapat dinikmati dalam versi ini. Dalam versi ini juga ditambahkan adobe flash player, sehingga 10.1. Dalam perkembangannya versi ini sering disejajarkan dengan iOS, dan diperkirakan akan bersaing ketat hingga beberapa tahun ke depan.

Selanjutnya versi gingerbread (2.3). versi ini dirilis 7 bulan setelah versi sebelumnya melejit, dalam versi ini sudah dapat dinikmati layanan video call, secara tampilan OS ini lebih menarik karena sudah menggunakan dual camera, ditambah lagi dalam versi sudah dapat dinikamti layanan games berbasis mobile android. Terjadi banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya, versi ini drirancang untuk meningkatkan kualitas game dan aplikasi yang lebih mumpuni. Terdapat beberapa versi update di antaranya adalah versi 2.3.3 dan versi 2.3.7. Versi ini memiliki pengguna yang sangat banyak dibanding versi OS lainnya.

Selanjutnya versi honeycomb (3.0). pada bulan Mei 2011 versi ini dilepas ke pasara, smartphone pertama kali yang menggunakan adalah Motorola Xoom. Versi ini didesain untuk penggunaan tablet yang mulai naik daun. Halaman pengguna yang digunakan dalam versi ini sangat berbeda dari smartphone lainnya. Keunggulan dari versi ini adalah hardware semakin besar, sehingga tablet semakin nyaman ditangan pengguna.

Selanjutnya versi ice cream sandwich (4.0). versi ini dirilis pada tahun yang sama, yaitu bulan Oktober tahun 2011. Dalam versi android ini disematkan berbagai fitur yang lebih banyak daripada versi sebelumnya, antara lain adalah fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis, resolusi gambar, kualitas video, sistem penganal wajah, dan masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang dapat menarik

Selanjutnya versi jelly bean (4.1). Versi ini adalah salah satu versi OS yang sangat digandrungi oleh masyarakat dewasa ini. Raksasa smartphone yang menggunakan OS ini adalah vendor asala Taiwan (ASUS). Keunggulan dari OS ini di antaranya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat dan responsif dan beberapa fitur-fitur menarik lainnya yang disinyalir lebih menarik daripada versi

Selanjutnya versi kitkat (4.4). Versi ini dirilis pada 4 September 2014, keunggulan dari versi ini di antaranya adalah resolusi yang dinilai dapat meningkatkan fitur-fitur game berbasis 3D.

Selanjutnya versi lollipop (5.0). Versi ini memfokuskan pada desain dan performa, sehingga lebih nyaman digunakan, ditambah pula kapasitas baterai yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya. OS ini dinilai lebih baik apabila digunakan untuk gaming, dan aplikasi-aplikasi yang memerlukan resolusi tinggi.

Semakin berkembangnya zaman android merilis OS versi terbarunya, versi marshmallow (6.0). yang mejadi sorotan utama dari OS paling baru ini adalah native finger scanner support serta indivdual app permission. Native finger scanner support akan memberikan dukungan kepada vendor smartphone untuk menampilkan fiture finger scanner pada produk gadget milik mereka dengan bantuan OS teranyar ini. Indivdual app permission pada OS ini akan memberikan akses khusus pada user untuk menentukan apakah aplikasi tersebut mendapat izin dari pengguna gadget. Dari fitur-fiur yang disediakan dari OS seri M ini dinilai memiliki tingakt privasi yang sangat tinggi.

Demikian ulasan mengenai penjelasan perbedaan macam-macam versi android, semoga menjadi pertimbangan bagi para pengguna gadget.

Leave a Reply