SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS
Samsung s800 Tidak bisa di charge atas nama Bapak Zen P

Samsung s800 Tidak bisa di charge atas nama Bapak Zen P

 

5 Cara simpel atasi smartphone Android yang tak mau di-charge

1.Cara ampuh untuk membuat smartphone Anda kembali bisa di-charge (sekaligus paling mudah) adalah mematikannya. Seringkali pengguna tidak sadar bila smartphone Android-nya terus menyala dan tidak pernah dimatikan sama sekali. Hal ini ternyata juga berpengaruh pada baterai.

Apalagi jika Anda sering melakukan charging saat dengan menggunakan smartphone untuk kegiatan yang menguras daya seperti Wi-Fian atau video call via Skype. Oleh sebab itu, secara berkala sebaiknya Anda mematikan smartphone agar sistem isis ulang dayanya kembali seperti semula.

2. Lakukan update software

Jika mematikan smartphone tidak menyelesaikan masalah Anda, terdapat kemungkinan si smartphone membutuhkan update ke Android versi terbaru.

Banyak smartphone Android yang mempunyai masalah saat di-charge akan sembuh saat diupdate OS Android-nya. Misalnya, saat ini Anda memakai Android Jelly Bean, maka Anda bisa mencoba Android KitKat untuk membuatnya bisa di-charge lagi.

Namun, ada kalanya saat Anda tanpa sengaja melakukan update yang terjadi justru sebaliknya, smartphone yang awalnya tidak bermasalah malah tidak bisa di-charge. Apabila hal itu yang terjadi, sebaiknya Anda mengembalikan software OS Android ke versi awal atau bawaan pabrik. Hal ini kerap disebut dengan rollback.

3. Ganti baterai

Bila Anda mempunyai sebuah smartphone Android yang berumur di atas dua tahun, maka adalah hal yang wajar bila ia sudah mengalami masalah saat di-charge. Ini dikarenakan kebanyakan baterai hanya disetting untuk penggunaan maksimal selama dua tahun.

Setelah baterai diganti, jangan lupa melihat konduktor smartphone Anda apakah mulai mengalami korosi atau berkarat. Jika terlihat memutih atau bahkan menghijau, sebaiknya segera bersihkan karena itu adalah tanda si konduktor tersebut terkena zat kimia yang bocor dari baterai lama Anda.

Penggantian baterai juga berlaku bila tidak hanya saat smartphone sulit di-charge, tetapi juga bila si baterai sendiri sudah rusak secara fisik atau menggelembung.

4. Perbaiki port USB di smartphone

Salah satu cara paling ampuh untuk memperbaiki smartphone yang sulit atau bahkan tidak bisa di-charge adalah sedikit mereparasi port USB-nya. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa melakukannya sendiri.

Permasalahan memang biasanya terjadi akibat kabel USB charger tidak terpasang dengan benar di port USB smartphone. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, terlebih dulu matikan smartphone dan cari alat dengan ujung pipih seperti tusuk gigi.

Dengan menggunakan tusuk gigi, coba angkat sedikit plat kecil yang ada di bagian tengah lubang USB smartphone Anda. Lakukan dengan perlahan dan sedikit demi sedikit. Usahakan agar ujungnya menjadi sejajar dan tidak bengkok.

Cara ini terbukti paling sering membuat smartphone yang tidak bisa di-charge kembali berfungsi seperti semula, tanpa perlu melakukan cara-cara di atas. Jangan lupa bersihkan lubang USB smartphone setelah melakukan perbaikan ‘mandiri’ tersebut.

5. Ganti kabel USB charger

Saat Anda tidak menemukan ada yang salah di smartphone atau baterai, kemungkinan besar masalah terletak pada charger yang Anda gunakan. Langkah pertama yang Anda harus coba adalah mengganti kabel USB dari charger, usahakan cari kabel dari charger satu merek.

Tetapi bila itu belum bisa membuat smartphone mengisi daya seperti semula, bersihkan debu dan kotoran yang menempel di port USB charge dan kabel USB-nya. Langkah ini selain ampuh untuk membuat smartphone bisa di-charge kembali juga dapat menghindarkan charge dari overheating yang dapat membuat smartphone meledak.

Save

Save

Leave a Reply