SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS
Asus x014d Layar sentuh pecah (ganti touchscreen) atas nama Bapak Kardi P

Asus x014d Layar sentuh pecah (ganti touchscreen) atas nama Bapak Kardi P

 

Dewasa ini kita dimanjakan oleh hadirnya HP dengan layar sentuh sebagai pengganti dari fungsi keyboard konvensional. Dengan layar sentuh atau touchscreen layar dari HP jadi semakin lebar. Tentunya hal ini akan sangat nyaman untuk menikmati beragam multimedia, game dan berselancar didunia maya.

Ciri-ciri Touchscreen Rusak dan Solusinya

Namun, seiring berjalannya waktu dan dipengaruhi oleh pemakian user yang sembrono bisa menyebabkan touchscreen rusak. Yang dimaksud touchscreen rusak disini adalah touchscreen tidak berfungsi. Kenapa saya katakan demikian, karena terkadang meski touchscreen sudah dalam keadaan retak atau pecah namun fungsi dari touchscreen itu sendiri masih tetap normal. Untuk itu, kita harus tahu ciri-ciri touchscreen rusak sebelum memutuskan mengganti touchscreen tersebut.

Touchscreen pecah dan sama sekali tidak berfungsi atau sebagian fungsi.

Berarti bisa dipastikan, kita harus mengganti dengan touchscreen yang baru. Cukup buka dan ambil touchscreen-nya lalu tunjukkan ke konter terdekat untuk membeli touchscreen yang sesuai. Kalau kita tidak mau repot-repot, cukup bawa hp-nya, biar ditangani oleh konter yang sudah punya tenaga ahli di bidangnya

Touchscreen sama sekali tidak berfungsi namun tidak pecah.

Untuk yang ini, kita tidak perlu terburu-buru membongkar HP untuk mengganti touchscreen-nya. Karena ini bisa saja disebabkan Android yang mengalami hang. Langkah pertama adalah dengan menerapkan metode hard reset. Jika masih tetap sama, langkah kedua adalah dengan melakukan flashing. Jika masih tetap tidak berfungsi, berarti bisa dipastikan touchscreen tersebut rusak. Karena terkadang, touchscreen tidak berfungsi bisa disebabkan dari sisi softwarenya bukan hardware dari touchscreen itu sendiri. Untuk itu, kedua langkah tadi harus ditempuh dulu untuk memastikannya.

Touchscreen mati sebagian

Untuk touchscreen yang hanya berfungsi sebagian saja pada area tertentu, saya belum pernah menemukan kerusakan dari sisi software. Namun, tidak ada salahnya mencoba melakukan langkah hard reset ataupun flashing untuk memastikannya.

Touchscreen meleset

Yang dimaksud touchscreen meleset disini adalah ketika kita menyentuhnya yang kena justru atas, bawah, atau sampingnya. Misalnya menyentuh angka 1 yang keluar malah angka 2 atau 3. Biasanya touchscreen meleset semacam ini lebih disebabkan dari sisi software atau setelah flash dengan menggunakan firmware yang file-file didalamnya sudah mengalami kerusakan.

Touchscreen tidak berfungsi untuk fitur tertentu

Hal ini pernah saya alami untuk Samsung Replika SM-G9006V, dimana ketika menyentuh angka nol, bintang, dan pagar saat akan digunakan untuk cek pulsa atau melakukan panggilan, ketiganya tidak muncul. Hal ini juga lebih disebabkan kerusakan dari sisi software. Karena dalam hal memperbaiki software replika cukup sulit, Anda harus tahu cara flash samsung replika yang benar agar tidak salah langkah yang berujung pada matinya HP replika.

Touchscreen gerak-gerak sendiri

Untuk touchscreen yang bergerak dengan sendirinya, kita harus jeli apakah bergeraknya itu saat di cas atau baik di cas ataupun tidak. Selengkapnya mengenai hal ini baca pada artikel solusi touchscreen gerak-gerak sendiri.

Kesimpulan

Saat touchscreen tidak berfungsi atau hanya fungsi sebagian, penyebabnya bisa dari sisi software ataupun harware (biasanya touchscreen itu sendiri yang rusak). Untuk itu, coba terapkan metode hard reset atau flash sebelum memutusakn membogkar HP untuk mengganti touchscreen-nya.

Save

Leave a Reply