SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS
Blackberry 9220 Trackpad tidak fungsi atas nama Bapak Zen P

Blackberry 9220 Trackpad tidak fungsi atas nama Bapak Zen P

 

Sebenarnya untuk memperbaiki masalah keypad di Blackbery amstrong cukup mudah, karna biasanya hanya IC atau Diodanya yang bermasalah, yang disebabkan oleh korosi atau short, short atau korslet tersebut dikarenakan faktor air atau tegangan yang berlebih pada ic power nya.
Pada blackberry amstrong, IC keypad tidak sama dengan IC nya NOKIA, klo di nokia kita mengenal istilah driver/zokus. namun di blackberry amstrong merupakan ic berkaki 4 yang mana di skema berfungsi seperti dioda. dioda tersebut berfungsi sebagai penyaring halus, dan juga berfungsi sebagai pengaman arus berlebihan dari tombol atau IC power. coba kita lihat pada skemanya. jika anda tidak punya skema bisa download disini.

Solusi keypad Depan Bermasalah

 

Pada IC ini terlihat seperti kotak, namun jika di lihat di board nya berkaki 8, IC ini berfungsi untuk mengontrol tombol keypad di keytone nya blackberry amstrong.
Jika pada keytone terdapat masalah, atau angka maupun hurufnya tidak keluar, anda bisa mencabut IC ini. dan menukarnya. jika anda tidak memiliki stok IC, tidak usah di pasang juga gak masalah,
Untuk analisa awal anda bisa mengukur dengan multi tester kuningan keytone setiap tombol dengan multi tester, jika nilai OHM nya tidak ada bisa jadi putus jalur pada keytone nya, solusinya dengan menjumper ke keytone lain, atau nilai OHM nya ada tapi tidak sama dengan nilai Ohm dengan tombol lain berarti ada masalah di ICnya. kita lihat skema jalurnya, IC ini didalamnya mengandung dioda, sebagai penyaring tegangan.

 

Solusi TrackPad Blackberry Amstrong 9320 dan davis 9220 Bermasalah.

Jika terjadi masalah terhadap Trackpad seperti tombol oke atau tombol navigasi kiri kanan dan atas bawahnya tidak berfungsi, kemungkinan terjadi putus jalur, coba anda chek dulu jalur yang terhubung ke konektor trackpad nya, seperti gambar dibawah ini;

 

klik gambar untuk memperbesar
Lakukanlah pemeriksaan jalur dulu seperti gambar diatas, jika terjadi putus jalur, coba anda jumper langsung dengan kawat jumper anda. namun sebelumnya anda dapat mengukur resistensi nya dengan menggunakan multi tester, caranya dengan meletakkan kutup (+) positif di titik konektor dan kutup (-) negatif di body atau ground board nya, jika nilai ohm nya ada berarti pin di konektornya tidak bermasalah, jika ohm nya bernilai 0 (nol) berarti terjadi putus jalur, dan jika nilai ohm nya 1(satu) berarti dioda nya sort.
Nah jika dioda terjadi sort atau korslet, anda dapat mengganti atau membuang dioda yang sort tersebut.  Penjelasan jalur di Schematich nya bisa kita lihat seperti ini:
Klik untuk memperbesar

Save

Leave a Reply