SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS
Oppo r1001 Hank logo (stuck logo oppo) atas nama Bapak Erik MC

Oppo r1001 Hank logo (stuck logo oppo) atas nama Bapak Erik MC

 

Cara flash HP itu sebenarnya mudah kalau tahu caranya. Contohnya, flash hp Samsung yang Android itu menggunakan flash tool yang namanya ODIN. Kalau flash hp Advan, Mito, Evercoss yang menggunakan CPU Mediatek alias MTK pakai Smartphone flash tool (SPFT), kalau yang menggunakan CPU Spreadtrum pakai flash tool Upgrade Download atau Research Download. Kalau flash hp LG pakai LG Flash Tool 2014.

Tool yang saya sebutkan diatas tidak mutlah harus pakai tool itu, ada tool lain yang bisa menggantikan flash tool tersebut. Teknisi yang mahir dengan jam terbang tinggi tentu tidak hanya mengandalkan tool gratisan tetapi juga menggunakan tool berbayar seperti Z3X untuk Samsung, Miracle Box, Volcano Box, Infinity Box dan lain-lain. Semakin banyak tool tentu akan mempermudah kita dalam melakukan perbaikan hp dari sisi software. Tentu ini juga harus dibarengi dengan pengetahuan tentang cara penggunaannya, tidak lucu kan ibaratnya punya senjata tapi tidak tahu cara menggunakannya.

Faktor lainnya adalah driver. Flash tool udah dapat, download firmware juga udah selesai, tapi ternyata HP tidak terbaca atau terdeteksi di komputer sehingga proses flash belum berhasil. Driver MTK, driver SPD, driver Samsung dapat Anda cari di google. Sebaiknya Anda menyimpannya dalam satu folder tersendiri agar mudah dicari.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan antara lain:
Komputer, minimal pentium 4 dengan OS Windows XP atau Windows 7. Lebih disarankan menggunakan Windows 7 32 bit, saya sendiri pakai OS ini, lebih enak dibanding XP. Namun untuk Xiaomi tipe terbaru seperti Redmi 3, Redmi 3S dan Redmi Note 3 harus menggunakan Windows yang 64 bit.
Kabel data USB yang bagus, jangan yang udah jelek dan goyang-goyan di ujungnya. Flash HP itu butuh koneksi yang bagus, makanya gunakan kabel data yang bagus.
Baterai minimal terisi 20%, beberapa HP memang bisa diflash walaupun baterainya cuma 1-2%, namun lebih disarankan untuk flash HP dengan baterai yang terisi minimal 20%. Gunakan desktop charger (casan kodok) untuk mengisi baterainya.

Oppo Joy R1001 merupakan salah satu ponsel Oppo yang cukup sukses di pasaran, penjualannya cukup tinggi. Dengan harga yang terjangkau dan membawa nama besar Oppo, ponsel ini banyak diminati terutama oleh user yang baru pertama kali ingin mencoba kemampuan ponsel ini.

Namun sebuah ponsel tentu saja bisa mengalami permasalahan seperti bootloop dan hang logo. Ini juga sering ditemukan di HP Oppo Joy R1001 ini. Karena ponselnya cukup laris, maka teknisi juga udah sering banget ketemu kasus Oppo Joy R1001 yang bootloop atau hang logo. Jika Anda kebetulan memiliki ponsel ini dan sedang dalam kondisi bootloop, tenang dan sabar. Disini kita akan membahas langkah-langkah penyelamatan HP Oppo Joy ini. Apakah sulit caranya? Gampang-gampang susah, namun kami akan menjelaskan dengan cara yang mudah dimengerti dan mudah diikuti.
Langkah pertama yaitu mencoba melakukan hard reset dengan masuk ke Recovery Mode. Langkah-langkah Hard Reset Oppo Joy R1001 sebagai berikut:

 

  1. Pastikan baterai Oppo Joy R1001masih mencukupi, minimal 15%
  2. Keluarkan baterai, lalu masukkan lagi dan pasang casing belakangnya.
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Down + Power secara bersamaan sampai muncul tulisan Recovery Mode. Lepaskan kedua tombolnya, tunggu beberapa saat hingga masuk ke menu recovery.
  4. Untuk navigasi di menu recovery Oppo Joy R1001 Anda dapat menggunakan touch screen atau menggunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk OK.
  5. Selanjutnya pilih bahasa
  6. Pilih Wipe data and cache
  7. Konfirmasi dengan pilih YES.
  8. Terakhir pilih Reboot dan konfirmasi pilih YES.
  9. Tunggu proses restart sampai selesai.

 

Selamat..jika setelah selesai hard reset, HP Oppo Joy Anda kembali normal. Namun, proses hard reset adakalanya gagal juga, paling sering yaitu proses wipe data failed. Udah dicoba berulang-ulang, tetap saja wipe data failed. Kondisi ini kemungkinan besar penyebabnya adalah IC EMMC yang minta diganti. Tapi masih ada satu cara lagi yang bisa kita coba, dan mudah-mudahan berhasil, yaitu flash Oppo Joy R1001 dengan tool SPFT.
Silakan download dulu bahannya:
Stock ROM Oppo R1001 NAMGUIYEN, download disini. Setelah download, ekstrak menggunakan Winrar
Stock ROM Oppo R1001 Versi 2, download disini. Setelah download, ekstrak menggunakan Winrar

Download  SP Flashtool DISINI, atau DISINI. Ekstrak, kemudian install di PC.
Download Driver MTK Preloader USB VCom DISINI, lalu install di PC.

Langkah-langkah flashing sebagai berikut:

 

  1. Buka program SP Flash Tool
  2. Klik Scatter Loading, arahkan ke folder tempat Anda menyimpan stock ROM Oppo Joy R1001 yang sudah didownload tadi.
  3. Pilih file MT6572_Android_scatter.txt
  4. Klik Download untuk memulai proses flashing.
  5. HP dalam kondisi mati, tekan dan tahan tombol VOLUME ATAS, lalu colokin kabel USB. Tunggu hingga proses flashing berjalan dengan progress bar berjalan dengan indikator kuning. Lepaskan tombol volume atas.
  6. Tunggu hingga selesai, tandanya muncul indikator OK pada SPFT.
  7. Cabut kabel USB, cabut baterainya lalu pasang kembali. Coba dinyalakan Oppo Joy.

 

Cara Flash Oppo Joy R1001
Kendala Flashing dan Solusinya

 

  1. Flash sukses tapi begitu dinyalain HPnya, cuma muncul logo Oppo terus layarnya berubah jadi gelap, tetapi ada suara booting Oppo. Nah ini biasanya karena salah versi. Oppo Joy R1001 firmwarenya ada 2 versi, lihat aja di stiker belakang HP, ada yang stiker besar ada stiker yang lebih kecil. Untuk masalah seperti ini, coba gunakan firmware yang versi 2.
  2. Flash sukses, tapi tetap aja hang logo atau bootloop. Coba masuk ke Recovery Mode lalu lakukan wipe data. Jika proses wipe data failed, kemungkinan ini kerusakan di hardware. Silakan bawa ke tukang service terdekat dan terpercaya.
  3. Muncul error Encryption unsuccessful. Ada pilihan Reset Phone pas muncul error ini, coba aja klik Reset Phone lalu tunggu hingga selesai, maka Oppo Joy akan booting lagi. Jika masih sama, coba lakukan wipe data dari Recovery Mode.
  4. Flash sukses tapi HP cuma getar dan ga ada tampilan di layar. Coba flash ulang dan gunakan opsi Format ALL + Download. Jika masih sama hasilnya, ini juga kemungkinan besar adalah kerusakan hardware. Silakan bawa ke tukang service terdekat dan terpercaya.

Jika Ada pertanyaan silahkan coment dibawah

Leave a Reply