SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS
Xiaomi Redmi Note 3 Layar sentuh pecah (Ganti LCD) atas nama Ibu Selvia

Xiaomi Redmi Note 3 Layar sentuh pecah (Ganti LCD) atas nama Ibu Selvia

 

Touchscreen Smartphone Rusak / Error? Lakukanlah 5 Cara Ampuh Untuk Memperbaikinya

 

Touchscreen atau layar sentuh memang sudah wajib dimiliki oleh semua jenis smartphone pada jaman sekarang ini seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Smartphone yang menggunakan touchscreen akan lebih memudahkan pengguna dalam melakukan suatu hal dibandingkan dengan smartphone yang masih menggunakan tombol fisik.

Karena fungsi utama touchscreen sebagai alat untuk mengendalikan smartphone dalam melakukan berbagai kegiatan, maka tak jarang pula yang mengalami masalah pada layar sentuh smartphone mereka. Misalnya respon touchscreen yang lama pada saat disentuh, tidak akurat, error, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan layar sentuh tidak bekerja dengan semestinya. Misalnya dari faktor internal, yang diantaranya adalah rusaknya perangkat lunak (software) dari sisitem operasi smartphone itu sendiri. Atau bisa jadi masalah tersebut ada pada hardware layar smartphone yang memang sudah rusak dan harus diganti.

solusi untuk touchscreen android tidak berfungsi atau rusak

Nah, jika kamu salah satu yang mengalami masalah di atas, maka kamu berada di tempat yang tepat untuk menemukan solusi bagaimana cara mengatasi layar sentuh smartphone kamu tidak berfungsi atau error. Di sini Ikotekno akan menyajikan beberapa langkah mudah untuk memperbaiki touchscreen smartphone yang bermasalah, silakan kamu baca artikel ini sampai selesai.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone Yang Tidak Berfungsi Atau Rusak

Di bawah ini ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi masalalah kamu sebelum kamu memutuskan untuk mengganti touchscreen smartphone kamu dengan yang baru. Alangkah baiknya kita mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dari pada harus membawa hp ke service center dengan biaya yang mahal. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Membersihkan permukaan Layar Smartphone

Langkah pertama dan paling sederhana yang harus kamu coba yaitu membersihkan layar sentuh smartphone kamu. Bisa jadi penyebabnya karena layar smartphone kamu kotor terkena debu maupun basah terkena keringat atau benda cair lainnya. Bersihkan permukaan layar smartphone kamu dengan kain kering yang bersih kemudian coba kamu tes lagi apakah layarnya berfungsi atau tidak.

2. Melakukan Kalibrasi Layar Perangkat

Selain masalah pada hardware, layar sentuh yang tidak berfungsi dengan baik bisa jadi disebabkan oleh pengaturan layar smartphone tersebut memang tidak sesuai dengan semestinya. Oleh karena itu, jika layar smartphone kamu masih bisa disentuh tetapi tidak akurat, kamu perlu melakukan kalibrasi layar yang bisa kamu buka melalui pengaturan. Kemudian uji lagi apakah layar android kamu sudah berfungsi dengan baik atau belum.

3. Membersihkan RAM dan Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Selain dari masalah di atas, penyebab tidak berfungsinya layar sentuh bisa jadi karena beratnya beban yang harus diproses oleh smartphone kamu. Misalnya beberapa aplikasi yang dijalankan dengan sekaligus, sehingga RAM tidak bisa menampung data-data aplikasi yang sedang dijalankan sehingga berpengaruh pada kinerja layar sentuh smartphone kamu. Biasanya aplikasi tersebut berupa aplikasi yang berjalan di background tanpa kamu sadari. Jadi, kamu harus menghapus beberapa aplikasi berat yang dirasa tidak perlu, kemudian restart smartphone kamu.

4. Melakukan Factory Reset

Jika cara di atas tidak berhasil, maka kamu harus melakukan cara yang sedikit ekstrim yaitu melakukan factory reset. Kenapa factory reset? Karena dengan cara ini smartphone kamu akan di-reset dengan mengembalikan semua pengaturan yang ada pada smartphone kamu ke pengaturan pabrik. Selain itu, semua data kamu termasuk semua aplikasi yang ada di dalamnya juga ikut terhapus sehingga smartphone kamu akan terasa menjadi seperti baru lagi.

Perlu diingat bahwa cara ini tidak benar-benar dianjurkan karena resikonya adalah bisa menyebabkan hilangnya data pribadi milik kamu. Tetapi jika kamu tetap ingin mencobanya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Matikan smartphone kamu terlebih dahulu
  • Pada saat smartphone dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan sehingga kamu masuk ke sistem android. Cara ini bisa berbeda tergantung type dan merk smartphone kamu. Kalau kombinasi tombol tersebut tidak sesuai pada smartphone kamu, kamu bisa searching di google dengan mengetikkan “Cara factory reset smartphone android”.
  • Jika berhasil masuk ke sistem android, silakan pilih menu factory reset dan pilih yes. Kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah selesai, silakan kamu uji coba layar sentuh smartphone kamu.

5. Mengganti Touchscreen Dengan Yang Baru

Jika semua cara di atas tidak berhasil, cara terakhir yang bisa kamu tempuh adalah dengan membawanya ke kami spesialis service handphone untuk mengetahui penyebab dan mengganti elemen touchscreen smartphone kamu dengan yang baru sehingga layar sentuh berfungsi dengan sedia kala.

Leave a Reply