SHUFFI PHONE

Service Handphone Pontianak

SPESIALIS SERVICE ANDROID, OS & iOS
SPC s12 Mati cuma getar atas nama Bapak Anton

SPC s12 Mati cuma getar atas nama Bapak Anton

 

Secanggih atau semahal apapun, smartphone adalah barang elektronik yang rentan rusak. Bisa karena cacat produksi, kelalaian pengguna seperti jatuh atau kena air, maupun karena sudah termakan oleh umur.

Jika kamu mengalami smartphone Android yang tiba-tiba tidak mau menyala atau mati total alias matot, jangan panik! Belum tentu smartphone kamu rusak, kadang-kadang kamu cuma harus melakukan beberapa trik tertentu untuk menghidupkan HP kesayangan kamu. Berikut JalanTikus sajikan solusi, 5 cara mengatasi Android yang mati total.

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android yang Mati Total

1. Charge Smartphone Kamu

Cara Mengatasi Android yang Mati Total 1

Bisa karena bug atau saking banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, terkadang kita tidak sadar smartphone kita kehabisan daya. Apalagi jika sebelum tidur, baterai hanya tersisa 20%. Ketika kamu bangun, smartphone Android sudah mati dan tidak mau menyala ketika dihidupkan.

Coba lakukan pengisian daya, jangan langsung dinyalakan. Biarkan selama beberapa waktu, agar baterai ponsel terisi hingga sekitar 15-20 menit. Baru setelah itu tekan tombol Power untuk mencoba menyalakan kembali, jika tidak berhasil lanjut ke trik berikutnya.

2. Lepaskan Baterai

cara mengatasi android mati total 2

Terkadang masalahnya adalah sedikit serius daripada baterai lowbat, misalnya smartphone kamu terjebak dalam proses booting yang tiada henti atau karena bootloop. Trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas baterai. Untuk baterai yang menyatu dalam body, produsen biasanya menyediakan sebuah tombol khusus. Untuk secara paksa mematikan daya ponsel ketika keadaan darurat atau tekan tombol Power agak lama (20-30 detik). Dengan melakukan ini, kamu memotong satu-satunya sumber daya smartphone. Seharus ini sudah memecahkan masalah dan membuat smartphone kamu kembali proses booting dengan benar.

3. Layar Hitam

Cara Mengatasi Android yang Mati Total 3

Smartphone tentunya sering kita kantongi di saku celana yang sempit atau dibawa tidur. Kita tak tahu, pas tidur mungkin ponsel tertekan oleh badan kita. Jika ketika bangun kamu temukan HP kamu dalam keadaan mati atau brick, namun ketika ditekan tombol Power bergetar tapi layar hanya gelap. Artinya, layar smartphone kamu mungkin memang bermasalah pada layarnya dan harus dibawa ke service center. Nah pastikan kalau kamu tidur, letakkanlah ponsel di tempat yang aman. Hal ini juga untuk menghindari bahaya dampak buruk dari radiasi smartphone.

4. Lakukan Factory Reset dari Recovery Mode

Cara Mengatasi Android yang Mati Total 4

Jika smartphone kamu kadang nyala, kadang terjebak dalam booting ataupun nyala dan kemudian mati lagi. Mungkin masalahnya terletak pada perangkat lunak, hal ini bisa terjadi setelah kamu melakukan update Android ke versi baru atau menggunakan custom ROM dan melakukan beberapa tweak sistem.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus coba melakukan factory reset melalui recovery mode yang akan menghapus semua data dalam ponsel dan kembali layaknya baru. Pastikan kamu sudah melakukan back up data-data penting, metode ini harus dilakukan jika memang smartphone sudah tidak stabil.

Umumnya untuk melakukannya, pertama kamu harus mematikan ponsel dan menyalakannya kembali dengan kombinasi tombol volume atas + volume bawah + tombol power. Kombinasi tombol bervariasi, tergantung dari tipe smartphone dan produsen pembuat perangkat.

Setelah kamu berada dalam recovery mode, navigasi biasanya menggunakan menggunakan tombol volume dan carilah pilihan Factory Reset. Setelah kamu menemukan opsi tersebut, gunakan tombol Power untuk eksekusi.

5. Mungkin Memang Rusak

Cara Mengatasi Android yang Mati Total 5

Harusnya trik-trik di atas dapat membuat smartphone kamu akan kembali normal. Jika masih ada yang tidak beres atau mungkin masih tidak menyala, berarti mungkin saja hardware smartphone kamu yang bermasalah atau rusak. Kalau masih garansi kamu harus mempertimbangkan untuk klaim garansi ke service center atau beli smartphone baru/bekas jika sudah tidak garansi dan biaya perbaikannya terlalu mahal.

Itulah 5 trik sederhana, yang bisa kamu lakukan jika HP kamu mendadak mati. Kalau masalahnya pada software masih bisa diotak-atik, tapi kalau sudah menyangkut hardware memang harus dibawa ke service center. Jika ada tambahan dari kamu, sematkan di kolom komentar di bawah ini ya.

Leave a Reply